Surveyor...........

on Jumat, 17 Juni 2011



Apa yang ada dipemahaman orang umum khususnya di dunia pertambangan dan konstruksi, surveyor adalah sekelas operator, hanya yang ini alat yang dioperasikan adalah alat ukur. Dan tentu saja sangat memungkinkan hal itu dipelajari oleh orang yang sebelumnya nol di bidang survey/pemetaan, seperti orang yang belajar nyetir mobil. Awal mula karir surveyor berpengalaman biasanya ia bekerja sebagai helper surveyor yang bertugas memegang tongkat prisma/rambu, dan dengan bekal keingintahuan dan kesempatan dia mulai belajar sedikit demi sedikit mengoperasikan alat ukur serta teknik-teknik dasar survey. Hingga suatu waktu dia bisa mengoperasikan alat survey. Saat ada kesempatan untuk menjadi seorang surveyor di suatu perusahaan, melamar lah dia dan akhirnya diterima oleh perusahaan tersebut. Itulah yang bisa disebut sebagai surveyor berpengalaman.

Surveyor sekolahan lain lagi ceritanya, mereka memang sudah berniat untuk mendalami ilmu survey/pemetaan dari bangku sekolah, mulai dari tingkat D1 sampai S1. Khusus jenjang S1, sekolah survey/pemetaan dikenal sebagai Geodesi dan sekarang sedang memperkenalkan nama barunya sebagai Geomatika. Saat ini sudah ada beberapa perguruan tinggi yang mempunyai jurusan Geodesi/Geomatika, sebut saja ITB, UGM, ITENAS Bandung, ITS Surabaya, ITN Malang, bahkan dulu sempat ada di UNPAK Bogor. Nah, ilmu survey/pemetaan yang dipelajari di bangku sekolah tersebut sangat detail dan kompleks. Apa yang dipelajari oleh para surveyor berpengalaman adalah ilmu dasar yang diajarkan, pada tahap selanjutnya diberikan berbagai macam aplikasi, cabang, dan ragam dari ilmu survey/pemetaan baik itu pemetaan darat, pemetaan laut, pemetaan udara. Loh, emang udara bisa dipetakan? Tentu saja bisa, dengan teknologi dan teknik pengukuran yang makin canggih, kita bisa memetakan kandungan zat atau materi yang terdapat di atmosfer.

6 komentar:

Andre Survey mengatakan...

sangat bagus sekali pengalamanya,,.tpi hampir sama jga sama saya,,..dulu saya setelah lulus sekolah jdi helper survey dlu,.tpi alhamdulillah sekarang saya bisa jadi surveyor sendiri di perusahaan BUMN,sebut saja di PT.Waskita Karya(Persero)..

btw kalau boleh tahu,anda sekrang masih bekerja atau sudah pensiun dalam bidang pekerjaan survey.,,??

salam kenal dari saya,.Andre

Vhy_d's mengatakan...

Terima kasih telah berkenan membaca blog saya....
Excellent for your experiences...
Tapi maaf saya masih seorang mahasiswi Teknik Geomatika.
Karena anda yang lebih berpengalaman dari saya,,mohon untuk berbagi pengalaman yah.....
Salam kenal juga dari Vivi.

Anonim mengatakan...

Pengalaman mas andre juga sama seperti pengalaman saya dan alhamdulillah sekarang saya bekerja sebagai surveyor di salah satu tambang batu bara di kalimantan timur PT.Kaltim Prima Coal

dari awalnya hanya karna kepepet karna gx mau di sebut pengangguran sekarang jadi benar" pekerjaan idaman
saya sudah jatuh cinta dengan hobi (pekerjaan) saya

MUHAMMAD MARZUKI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
MUHAMMAD MARZUKI mengatakan...
Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.
Unknown mengatakan...

mohon maaf Undip juga ada jurusan geodesi