Arti dan Ruang Lingkup Geologi

on Rabu, 30 Juli 2008

Kata geologi berasal dari "geo" berarti bumi dan "logos" berarti ilmu. Geologi dapat diartikan sebagai ilmu pengetahuan yang berhubungan dengan pemerian dan pemahaman tentang bumi. Geologi merupakan ilmu yang mempelajari bumi sebagai objek utama, akan tetapi sebagian besar lebih banyak berhubungan dengan "kerak bumi", yaitu bagian terluar dari bumi.

Secara keseluruhan bumi ini terdiri dari beberapa lapisan yaitu :

1. Atmosfera, yaitu lapisan udara yang menyelubungi Bumi

2. Hidrosfera, yaitu lapisan air yang berada di permukaan Bumi

3. Biosfera, yaitu Lapisan tempat makhluk hidup

4. Lithosfera, yaitu lapisan batuan penyusun Bumi

Beberapa pokok yang menjadi sasaran bagi ahli geologi :
  1. Memerikan (deskripsi) dan menafsirkan (interpretasi) tentang gambaran fisik pemukaan bumi, menjelaskan kejadiannya dan
  2. Menerangkan sejarah evolusi bumi pada perkembangan sebelumnya yang tercermin dalam sifat-sifat batuan dan proses yang bekerja di dalamnya
Geologi banyak berhubungan dengan studi tentang mineral, batuan, fosil yang tidak hanya sebagai obyek tetapi menyangkut penjelasan tentang sejarah perkembangan kerak bumi dan gambaran fisis dari bumi pada keadaan sekarang.

Kata "geologi" pertama kali digunakan oleh Jean-André Deluc dalam tahun 1778 dan diperkenalkan sebagai istilah yang baku oleh Horace-Bénédict de Saussure pada tahun 1779.

0 komentar: